• SMP N 1 KRETEK
  • Where Tomorrow's Leaders Come Together

Workshop SMARTJITEK

Masa pandemi covid 19 yang belum juga berakhir, membawa pengaruh besar khususnya dalam bidang pendidikan. Pelaksanaan kegiatan belajar mengajar terpaksa harus dilakukan secara online, atau dikenal dengan e-learning. Dibutuhkan kerja sama yang baik dari semua pihak agar pembelajaran secara daring ini bisa terlaksana dengan baik. Guru, sebagai pihak yang memiliki berperan besar dalam kegiatan pembelajaran, harus mampu menguasai berbagai model dan media pembelajaran secara online.

Dalam rangka meningkatkan penguasaan guru terhadap media dan model pembelajaran online, SMP 1 Kretek mengadakan Workshop Pembelajaran E-Learning. Workshop tersebut dilaksanakan selama tiga hari, terhitung dari tanggal 6 Juli 2020 sampai 8 Juli 2020. Workshop pembelajaran e-learning dibuka oleh Kepala Dinas Dikpora Kabupaten Bantul, Drs. Isdarmoko, M.Pd.,M.M.Par. Dalam sambutannya, beliau mengungkapkan bahwa kondisi pembelajaran di tengah pandemi berubah total. Oleh karena itu, butuh kesesuaian dan perencanaan yang matang agar pembelajaran dapat berjalan maksimal.

Workshop menjadi salah satu kegiatan yang dipandang penting dilakukan dalam rangka menyiapkan pembelajaran dengan model online. Empat hal yang perlu dipertimbangkan berkaitan dengan pembelajaran menurut Kepala Dinas Dikpora Kabupaten Bantul, antara lain pengaturan jadwal, pemetaan materi esensial, metode atau model pembelajaran, dan penilaian yang akurat. Materi kedua disampaikan oleh Ramea Agus Purnama, M.Pd. Materi yang disampaikan antara lain pembuatan RPP jarak jauh sebagai bagian dari pembelajaran yang harus terprogram, terstruktur, dan terarah. Dalam sambutannya, beliau mengungkapkan bahwa hak peserta didik selama pandemi harus tetap dipenuhi.

Selain dua pembicara tersebut, hadir pula Pengawas Pembina Sekolah, yaitu Drs. Budi Santosa, M.Pd. Beliau menyampaikan beberapa hal yang perlu disiapkan dalam rangka mengelola pembelajaran secara daring. Sementara itu, untuk mendukung suksesnya pembelajaran online di SMP 1 Kretek, pihak sekolah telah menyiapkan website khusus yang akan digunakan sebagai media dalam melaksanakan pembelajaran e-learning. Dengan bimbingan Antok Gunawan, S.Kom, semua guru SMP 1 Kretek mengelola website tersebut sesuai dengan mata pelajaran yang diampunya.

Workshop pembelajaran e-learning selama tiga hari terlaksana dengan berbagai materi yang disampaikan oleh masing-masing narasumber. Dengan bekal materi dalam workshop ini, diharapkan guru SMP 1 Kretek mampu mengelola pembelajaran e-learning dengan baik. Guru juga diharapkan mampu menjadi motor penggerak pembelajaran online yang mampu menularkan semangatt kepada peserta didik.

Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
Pengumuman dan Penyerahan Kembali Siswa Kelas 9 Tahun 2020

Kretek - Jumat, 5 Juni 2020 menjadi hari bersejarah bagi siswa-siswi kelas IX SMP Negeri 1 Kretek. Semua siswa kelas IX yang berjumlah 161 dinyatakan lulus 100% setelah 3 tahun men

07/05/2020 05:09 - Oleh Administrator - Dilihat 175 kali